Akibat Tidak Memperhatikan Keseimbangan Gizi

| June 18, 2013 | 0 Comments

 

Pada dasarnya, ketika makan, Kebanyakan orang hanya mementingkan rasa makanan dan tidak memperhatikan keseimbangan gizinya. Inilah letak kesalahannya. Akibatnya, makanan yang dikonsumsi menyebabkan timbulnya penyakit.

Perlu diketahui, ada dua akibat fatal bagi orang yang tidak memperhatikan keseimbangan gizi, yaitu kelebihan gizi ataupun kekurangan gizi. Kedua kondisi tersebut berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Kclebihan gizi ini biasanya dialami oleh masyarakat menengah ke atas, sedangkan kekurangan gizi dialami oleh masyarakat menengah ke bawah.

Risiko kelebihan gizi adalah mudah menjadi gemuk dan rawan terserang penyakit jantung, darah tinggi, diabetes mellitus, dan kanker. Adapun risiko bagi penderita kekurangan gizi adalah gampang terkena penyakit infeksi, terutama diare dan infeksi saluran pernapasan atas, serta rendahnya tingkat intelektual dan produktivitas kerja.

Akibat Tidak Memperhatikan Keseimbangan Gizi

Akibat Tidak Memperhatikan Keseimbangan Gizi

Tidak semua makanan yang baik itu cocok bagi semua orang. Sebab, hal ini tergantung pada keadaan Tubuh seseorang. Mengenai itu, perlu diketahui, sistem darah tidaklah statis dan dapat berubah-ubah dari hari ke hari; tergantung jenis makanan yang dikonsumsi dan kondisi iklim.

Makanan bisa menjadi masalah dan menimbulkan penyakit ketika tidak ada sinkronisasi atau kesesuaian kondisi antara makanan yang dikonsumsi dengan kondisi tubuh. Misalnya, seseorang yang ko-lesterolnya tinggi atau menderita asam urat, namun tetap mengonsumsi makanan yang banyak mengan-dung lemak, maka hal ini akan menimbulkan masalah bagi tubuhnya. Atau, seseorang yang terkena kencing manis, tetapi terus mengonsumsi gula, maka kondisi kesehatan tubuhnya akan scmakin memburuk.

Maka, dalam rangka menjaga kesehatan, hendaknya seseorang memperhatikan keseimbangan gizi dengan baik. Usaha mengharmoniskan makanan dengan kondisi tubuh termasuk salah satu cara me-nyeimbangkan gizi dalam tubuh. Keseimbangan gizi merupakan pemenuhan jenis makanan yang dibu-tuhkan oleh tubuh.

Terkait keseimbangan gizi, sebaiknya penderita demam rematik menghangatkan tubuhnya. Tindakan ini akan mempercepat proses penyembuhannya. Sementara itu, bagi penderita influenza, sebaiknya ia menghindari konsumsi maknan panas atau pedas. Sebab, tindakan tersebut akan membuat penyakitnya semakin parah. Semestinya, ia mengonsumsi makanan yang dingin.

Pada umumnya, seseorang yang tidak memperhatikan gizi seimbang juga tidak mencermati proporsi makanannya. Dengan ungkapan lain, pemenuhan gizi seimbang berkaitan erat dengan proporsi makanan yang dikonsumsi. Dan, proporsi makanan ini harus berdasarkan aturan kesehatan dan kondisi tubuh.

Meskipun begitu, yang paling penting ialah “Don’t always clean your plate!” Maksudnya, Anda belajar untuk tidak menghabiskan makanan yang dihidangkan bila sudah terasa kenyang. Selain itu, makanlah secara perlahan; diperlukan sekitar 20 menit bagi makanan di dalam perut untuk memberi signal kenyang.

Berhubungan dengan hal itu, perlu dipahami bahwa porsi makanan bagi laki-Iaki berbeda dengan wanita. Demikian halnya dengan orang dewasa dan anak kecil. Sebenarnya, yang paling penting adalah selalu memperhatikan porsi makan yang tepat.

Sumber :Kesalahan-kesalahan pola makan

Oleh : Ainun hidayah

Baca artikel menarik lainnya : Bagaimanakah lemak tubuh dibakar ?

 

Kenapa Perut Kita Masih Buncit Sampai Saat ini ? Yaa.. Karena ada toksin yang ada di dalam tubuh yang harus di keluarkan

Sudah Tau Bahwa Langsing itu mudah jika tau caranya . Bagaimana Caranya ?

Yuk coba deh Program Revolusioner Smart Detox 232 , Yaitu Program Buang racun dalam Tubuh dan Perbaikan Metabolisme Tubuh kita . More info tentang program ini sms ke : 0815-8480-8480

Banyak yang sudah turun sampai 22 kg dengan program ini .

Dan serunya program ini masih boleh makan pada saat pola 2 nya .

Penasaran ? Klik --- > www.LangsingTanpaLapar.com

Screen Shot 2015-01-23 at 2.45.52 PM

Category: Akibat Tidak Memperhatikan Keseimbangan Gizi

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *