Beberapa vitamin yang diperlukan tubuh

| June 10, 2013 | 0 Comments

 

Tidak begitu banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Meskipun demikian, vitamin harus selalu tersedia dalam tubuh. Sebagian besar vitamin merupakan senyawa organik esensial sehingga harus disediakan dari makanan.Vitamin dapat dibedakan menjadi, dua kelompok yaitu vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K) serta vitamin yang larut dalam air (vitamin B dan C).

 

Vitamin A

Fungsi vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata, membantu proses diferensiasi sel dan pembentukan jaringan; serta meningkatkan imunitas atau daya daya tahan tubuh dari serangan berbagai sumber penyakit seperti virus. Vitamin A juga merupakan zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang akan merusak jaringan tubuh.

Sumber vitamin A antara lain adalah hati, kuning telur, susu, dan mentega, kacang panjang, kangkung, sawi hijau, wortel, pepaya, mangga, dan jeruk.

Beberapa vitamin yang diperlukan tubuh

Beberapa vitamin yang diperlukan tubuh

Vitamin D

Fungsi vitamin D yang utama adalah mempertahankan keseimbangan kalsium dan fosfor dalam darah. Vitamin D membantu dalam penyerapan kalsium yang berperan untuk membentuk dan mempertahankan tulang yang kuat. Vitamin D dapat memberikan perlindungan dari osteoporosis, hipertensi, kanker, dan beberapa penyakit yang lain.

Sumber vitamin D antara lain adalah ikan, telur, dan susu. Vitamin D bisa disintesis sendiri oleh tubuh manusia melalui bantuan sinar matahari. Berjemur sinar matahari pagi selama 10 menit cukup efektif untuk mencegah kekurangan vitamin D.

Vitamin E

Fungsi vitamin E secara umum adalah sebagai antioksidan alami dalam menangkal masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Sumber alami vitamin E antara lain minyak kedelai, minyak biji bunga matahari, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Vitamin K

Fungsi utama vitamin K adalah membaantu proses pembekuan darah serta membantu proses pembentukan tulang bersama kalsium dan vitamin D. Sumber vitamin K antara lain hati, Iobak hijau, brokoli, kangkung, bayam, kubis, asparagus, susu, daging, serealia, buah, dan sayuran lain. Vitamin K juga dapat berasal dari bakteri di usus yang mensintesis vitamin K yang kemudian diserap dan disimpan dalam hati.

Vitamin B

Vitamin B terdiri atas beberapa variasi sehingga sering disebut vitamin B kompleks. Sifat vitamin B kompleks antara lain larut dalam air, tidak dapat diproduksi oleh tubuh, dan tidak dapat disimpan secara baik didalam tubuh. Dengan demikian, asupan vitamin ini secara teratur sangat dianjurkan agar tidak kekurangan vitamin B kompleks.

Sumber vitamin B antara lain ragi, kecambah, kulit ari padi/beras, wortel, hati, telur, susu, margarin, daging sapi, pisang, polongan, biji gandum, kedelai, bayam, ikan, daging, tomat, udang, kerang, dan keju

Vitamin C

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, memperbaiki sel tubuh dan jaringan kulit yang rusak, melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih segar. Sifat vitamin C adalah menyimpan air sehingga mampu menjaga kelembapan kulit dan mencegahnya dari kekeringan.

Sumber vitamin C yang utama adalah buah-buahan yang rasanya asam (jeruk, stroberi, nanas) dan sayuran (brokoli, seledri, tomat).

Sumber : Hidup sehat dengan detokx

Oleh : iyan sugung

Baca artikel menarik lainnya : Kebersihan dalam makanan penting dalam menjaga kesehatan

Related posts:

  1. Beberapa Kelainan penyakit Pada Hati
  2. Komposisi bentuk tubuh ideal

Category: Beberapa vitamin yang diperlukan tubuh

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *