Pengertian dan Fungsi Organ Hati Pada Manusia

| June 9, 2013 | 0 Comments

 

Hati adalah organ terbesar dan terpenting di dalam tubuh dengan berat antara 1, 2-1,8 kg atau lebih 25% berat badan orang dewasa dan merupakan pusat metabolisme tubuh dengan fungsi sangat kompleks yang menempati sebagian besar kuadran kanan atas abdomen. Permukaan posterior hati berbentuk cekung dan terdapat celah transversal sepanjang 5 cm dari sistem porta hepatis. Omentum minor terdapat mulai dari sistem porta yang mengandung arteri hepatica, vena porta dan duktus koledokus. Sistem porta terletak di depan vena kava dan dibalik kandung empedu.

Permukaan anterior yang cembung dibagi menjadi 2 lobus oleh adanya perlekatan ligamentum falsiform yaitu lobus kiri dan lobus kanan yang berukuran kira-kira 2 kali lobus kiri. Hati terbagi 8 segmen dengan fungsi yang berbeda. Pada dasarnya, garis cantlie yang terdapat mulai dari vena cava sampai kandung empedu telah membagi hati menjadi 2 lobus fungsional, dan dengan adanya daerah dengan vaskularisasi relatif sedikit, kadang-kadang dijadikan batas reseksi. Secara mikroskopis didalam hati manusia terdapat 50.000-100.000 lobuli, setiap lobulus berbentuk heksagonal yang terdiri atas sel hati berbentuk kubus yang tersusun radial mengelilingi vena sentralis.

Pengertian dan Fungsi Organ Hati Pada Manusia

Pengertian dan Fungsi Organ Hati Pada Manusia

. Fungsi dari hati antara lain :

1. Metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein setelah penyerapan dari saluranpencernaan.

2. Detoksifikasi atau degradasi zat sisa dan hormon serta obat dan senyawa asinglainya.

3. Sintesis berbagai macam protein plasma mencakup untuk pembekuan darah dan untuk mengangkut hormon tiro id, steroid, dan kolesterol.

4. Penyimpanan glikogen, lemak, besi, tembaga, dan banyak vitamin.

5. Pengaktifan vitamin D yang dilaksanakan oleh hati dan ginjal

6. Pengeluaran bakteri dan sel darah merah yang sudah rusak

7. Ekskresi kolesterol dan bilirubin.

Hati tersusun menjadi unit-unit fungsional yang dikenal sebagi lobulus yaitu susunan heksagonal jaringan yang mengelilingi sebuah vena sentral. Hati memiliki bagian terkecil yang melakukan tugas diatas disebut sel hati (hepatosit), sel-sel epithelial sistem empedu dalam jumlah yang bermakna dan sel-sel parenkimal yang termasuk di dalamnya endotolium, sel kupffer dan sel stellata yang berbentuk seperti bintang.

Tugas aktifitas fagositik dilakukan oleh makrofag residen yang disebut sel kupffer. Setiap hepatosit berkontak langsung dengan darah dari dua sumber. Darah vena yang langsung datang dari saluran pecernaan dan darah arteri yang datang dari aorta. Darah dari cabang-cabang arteri hepatika dan vena porta mengalir dari perifer lobulus ke dalam ruang kapiler yang melebar disebut sinusoid.

Darah vena memasuki hati melalui hubungan vaskuler yang khas dan kompleks yang dikenal sebagai sistem porta hati. Vena yang mengalir dari saluran cerna tidak secara langsung menyatu pada vena cava inferior akan tetapi vena vena dari lambung dan usus terlebih dahulu memasuki sistem vena porta. Pada sistem ini produk-produk yang diserap dari saluran cerna untuk diolah, disimpan, dan didetoksifikasi sebelum produk produk tersebut kembali ke sirkulasi besar.

 

Sumber : Anatomi tubuh manusia

Oleh : dr. Setiaji Budiyono

Baca artikel menarik lainnya : Pedoman diet bagi orang yang bergolongan darah A

Kenapa Perut Kita Masih Buncit Sampai Saat ini ? Yaa.. Karena ada toksin yang ada di dalam tubuh yang harus di keluarkan

Sudah Tau Bahwa Langsing itu mudah jika tau caranya . Bagaimana Caranya ?

Yuk coba deh Program Revolusioner Smart Detox 232 , Yaitu Program Buang racun dalam Tubuh dan Perbaikan Metabolisme Tubuh kita . More info tentang program ini sms ke : 0815-8480-8480

Banyak yang sudah turun sampai 22 kg dengan program ini .

Dan serunya program ini masih boleh makan pada saat pola 2 nya .

Penasaran ? Klik --- > www.LangsingTanpaLapar.com

Screen Shot 2015-01-23 at 2.45.52 PM

Category: Pengertian dan Fungsi Organ Hati Pada Manusia

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *